Tipe-tipe sistem PGM-FI  

Kamis, 26 Februari 2009

Sistem PGM-FI dapat juga dikelompokan dalam 3 tipe yang berbeda yaitu :


1 Sistem Multi Point Injection (MPI)
2 Sistem Dual Point Injection (DPI)
3 Sistem Groupwise Fuel injection (GFI)


Sistem MPI

Dari tiga tersebut diatas, sistem MPI ini paling banyak dipakai. Satu injector tersedia untuk masing-masing silinder yang dipusatkan pada masing-masing cabang intake manifold. Injektor dikontrol secara terpisah oleh ECM dengan cara menyemprotkan bahan bakar pada silinder yang berkaitan selama langkah isap.

Sistem DPI


Sistem DPI adalah Sistem Fuel injection yang ringkas dan secara alami serupa dengan system karburator. Dua injector (primer dan sekunder) dipasang pada throttle body dan bahan bakar diinjeksikan pada lokasi yang sama seperti pada mesin karburator.

Selama pengoperasian normal, injector primer melakukan penginjeksian bahan bakar, tapi pada kecepatan tinggi atau situasi beban berat dimana memerlukan bahan bakar yang lebih banyak, injector sekunder juga bekerja untuk menambah suplai bahan bakar.

Sistem GFI

Rancangan dasar dari sistem GFI adalah sama seperti Sistem MPI. Bagaimanapun, keistimewaan GFI difokuskan pada sistem pengontrolannya.

Sistem ini digunakan pada mesin 4 silinder kendaraan dengan cakupan harga lebih murah. Empat injector dibagi dalam dua grup, dan control penginjeksian dilakukan pada masing-masing silinder, tapi pada tiga dari empat silinder, terjadi tidak pada langkah isap. Bahan bakar diinjeksikan ke silinder-silinder ini yang nantinya akan dialirkan ke silinder selama langkah isap.

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Amanda @ Blogger Buster